Rabu, 13 Oktober 2010

Es Krim tidak berbahaya

ES krim. Semua orang menyukainya, terlebih anak-anak usia sekolah. Namun, banyak pula orangtua yang khawatir jika si kecil terlalu banyak mengonsumsi camilan ini.

Apalagi, saat musim tak dapat diramalkan, kadang terik matahari menyengat, tapi tahu-tahu hujan lebat mengguyur. Kalau sudah begini, pantangan menikmati es krim pun dilancarkan, lantaran takut batuk lah, pilek lah, sakit perut lah, atau alasan lainnya. Benarkah?

Untuk mengetahuinya, dr Ida Gunawan, MS SpGK dari Clinical Nutritionist memberikan pemaparannya:

Secara ilmu kedokteran, tidak ada hubungan antara flu dengan makan es krim. Sejauh kandungan dalam ice cream tersebut bermanfaat bagi tubuh si kecil, sah-sah saja untuk dikonsumsi. Terlebih es krim yang terbuat dari susu -mengandung kalsium- yang dapat mendukung pertumbuhan tulang anak.

Hanya saja, es krim yang diproduksi harus dengan standar produksi yang higienis di mana berhubungan langsung dengan sistem pencernaan anak. Jika tidak diperhatikan, bisa saja terjadi gangguan dengan sistem tersebut dan mengganggu fungsi organ tubuh yang lain.

Sementara, mengenai mitos bahwa jajan es bisa mengakibatkan pilek dan gangguan tenggorokan, hal ini bisa kita lihat riset dari G.J. Connet dan B.W yang mengatakan, penyakit infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) pada anak, seperti hidung tersumbat, pilek, radang tenggorokan baru akan muncul jika kondisi badan sedang tidak sehat, mengonsumsi dalam jumlah berlebihan.

Sehingga bisa dikatakan, asalkan tubuh anak sehat, jajan es tak akan menimbulkan masalah. Namun, harus diingat, kudapan es pun harus memenuhi syarat, yakni higienis, ada kandungan gizinya, dan aman secara biologi dan kimiawi.


Sumber : lifestyle.okezone

Lihat juga :

dim sum
wine
soto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar